Friday, April 13, 2018

MEALPREP : Meal Prep Untuk Pemula


Prepped Fridge

Hai teman-teman apa kabar? Berangkat dari beberapa postingan saya di akun instagram (@ddeeaavalence) tentang kegiatan MealPrep saya, beberapa teman ternyata tertarik untuk mempelajarinya juga. Jadi saya memutuskan untuk menulis di blog, siapa tau dapat dijangkau dan bermanfaat untuk lebih banyak orang lagi.

(Perlu dipahami bahwa saya juga sama-sama sedang belajar dan tidak pernah bersekolah ilmu gizi atau ilmu kesehatan, jadi informasi yang saya bagikan hanya sesuai dengan pengalaman saya selama kurang lebih 7 bulan dan bisa jadi tidak sesuai dengan kondisi orang lain)

Blog ini awalnya adalah beauty blog dan sudah lama saya tidak update artikel karena kesibukan saya. Nah karena ada nyempil postingan nonbeauty disini sekarang, mari kita upgrade blog ini jadi beauty and lifestyle blog (Ketok palu. Hehehe). Semoga ke depannya saya bisa mengisi blog ini dengan berbagai informasi yang lebih bermanfaat lagi. Amin.

Baiklah tanpa perlu berpanjang lebar mari kita mulai dari pengertian MealPrep dulu kali aja ya. Sudah pernah dengar istilah MealPrep belum? Beberapa orang berasumsi bahwa MealPrep itu ribet. Padahal tanpa sadar bisa jadi kita sudah melakukan MealPrep itu sendiri sejak dulu, bahkan ibu dan nenek kita pun mungkin juga sudah melakukan MealPrep sejak jaman kita belum lahir. Kok bisa? Yuk kita tengok dulu pengertiannya.

Prepped Lunch

MEAL PREPARATION atau biasa kita singkat dengan "Meal Prep" adalah suatu tindakan mempersiapkan bahan makanan dengan tujuan untuk menghemat waktu. Terkadang kita bisa juga menyebutnya FOOD PREPARATION atau "Food Prep".


Sedangkan berbagai alasan yang mendasari dilakukannya MealPrep adalah sebagai berikut:

1. Sibuk
Siapa yang dapat menyangkal bahwa semakin hari kita ini semakin kekurangan waktu. Apalagi di kota besar, sepersekian waktu kita dalam sehari dihabiskan di jalan raya (baca: macet). Berangkat pagi, pulang malam. Kapan masak? Entahlah. Jangankan kok potongin bawang, maunya sampai rumah langsung ketemu kasur. Ya kan? MealPrep adalah solusi mereka bisa menyiapkan makanan secepat kilat. Menarik? Yup, benar sekali.

2. Hemat
Biasanya ini berkaitan dengan poin no.1 -SIBUK. Akhirnya karena capek dan malas masak ya telepon abang kurir aja ato telepon ke 1404X ya gak? Belom makan siangnya ke mol? Ato makan paginya sambil jalan aja lah tar juga ketemu orang jual jajan. Teman-teman disini ada yang rajin catat pengeluaran harian gak? Nah penemuan besar selama 17+ tahun hidup saya (eh?) adalah ternyata kalau dicatat, pengeluaran paling besar adalah untuk MAKANAN dan pengeluaran yang ternyata paling bisa ditekan adalah MAKANAN juga? Ah masa sih? Kalau tidak percaya saya kasih challenge aja Bulan Pertama full masak sendiri dan Bulan Kedua full makan beli di luar dengan jenis makanan yang setipe ya. Yuk dicatat dan buktikan sendiri.

3. Sehat
Siapa yang bisa menjamin kebersihan makanan yang kita beli di luar itu seperti apa? Minyak yang dipakai menggoreng Ayam Geprek itu minyak apa, jangan-jangan minyak 20x penyaringan -eh- pemakaian? Kalau ada yang jual makanan murah, apakah kita tidak harus mempertanyakan itu bahan yang dibeli bahan kualitas apa? Mau beli makanan kualitas terjamin dan sehat? Balik lagi ke poin no.2, siap-siap rogoh kocek yang gak sedikit ya. Jaman sekarang segala sesuatu dengan embel-embel "sehat" atau "healthy" punya harga jual lebih tinggi. Kenapa tidak bikin sendiri aja di rumah? Ramah di tubuh, ramah di kantong bukan?

4. Diet
Jangan salah kaprah dulu. Diet itu ternyata artinya bukan mengurangi makan untuk menguruskan tubuh kok. Diet itu adalah mengatur pola makan, jenis makanan, asupan gizi dan kalori seseorang. Jadi MealPrep bukan untuk orang gendut yang pengen kurus loh. MealPrep bisa untuk orang kurus yang pengen agak gendutan, orang dengan berat badan ideal, penggemar fitness ataupun orang yang gak suka olahraga, pekerja kantoran maupun anak kuliah, ibu rumah tangga atau siapa saja tanpa pandang bulu. MealPrep bisa untuk siapa saja dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu.

Bisa jadi masih banyak alasan lain yang mendorong orang untuk melakukan MealPrep, tapi menurut sepengetahuan saya (yang mungkin cuma selebar daun kelor), alasan paling umum orang melakukan MealPrep adalah 4 poin di atas tadi.


Prepped Snack

Kembali lagi ke poin dimana ibu dan nenek kita sudah pernah MealPrep. Masa sih? Bukannya MealPrep barusan booming akhir-akhir ini aja di tanah air? Jaman ibu dan nenek dulu mana pernah masak dan disimpan berhari-hari? Disinilah letak kesalahkaprahan tentang MealPrep. 

Beberapa tahun yang lalu sayapun juga mikir begitu karena yang saya lihat MealPrep dilakukan oleh bule-bule rajin ngegym dan bayangan saya ngegym erat hubungannya dengan orang yang diet pengen kurus. Masa iya nenek dan ibu jaman dulu ngegym? Salah Kaprah Pake Banget!

Dan bayangan saya itu MealPrep itu masak dalam jumlah besar untuk berhari-hari. Salah Kaprah Pake Banget Pake Lagi! Yah bisa jadi karena  yang saya lihat kebanyakan foto-foto yang beredar tentang MealPrep adalah foto makanan jadi yang diwadahi per porsi untuk sekian hari. Padahal segala tindakan mempersiapkan bahan makanan itu sudah bisa disebut MealPrep. Tapi memang pas jaman beberapa tahun lalu kan gak banyak orang yang habis ngewadahin tomat trus difoto trus dipajang di instagram kan? Gak kaya sekarang yang mau garuk-garuk kepala aja mesti masuk medsos. (Sepertinya saya juga harus ngaca sendiri nih, walopun saya gak pernah pasang story pas lagi garuk kepala. Hehehe).

Mari saya buatkan sedikit ilustrasi dimana semua cerita dibawah ini sudah bisa disebut MealPrep.

Ilustrasi 1
Ibu pulang dari pasar bawa ayam. Beliau membersihkan ayam lalu memotongnya kecil-kecil supaya lebih mudah diolah. Lalu ibu memasukkan potongan ayam tersebut dalam wadah dan diletakkan dalam freezer.

Ilustrasi 2
Saya tadi ke swalayan membeli brokoli, zucchini dan paprika. Kemudian sampai rumah saya mencucinya lalu memotong2nya agar besok kalau saya ingin masak, sayuran tersebut sudah siap diolah.

Ilustrasi 3
Teman saya penggemar smoothies. Jadi teman saya memotong aneka buah dan menyimpannya di wadah. Masing-masing wadah sesuai porsi untuk segelas smoothies.

Ilustrasi 4
Teman kantor saya sedang ingin diet tinggi protein, rendah lemak dan karbohidrat. Jadi setiap hari dia membawa makanannya sendiri dari rumah. Dia bercerita kalau dia masak sekaligus untuk 3-4 hari karena tidak ada waktu untuk masak setiap hari.

Jadi tindakan sekecil apapun dalam mempersiapkan makanan sudah dapat disebut mealprep, bahkan bila itu hanya mencuci dan memotong sayuran untuk digunakan beberapa hari kedepan. Makanya kenapa saya bilang mungkin saja nenek dan ibu kita dari dulu sudah melakukan MealPrep.

Kira-kira demikianlah perkenalan kita dengan MealPrep. Di pembahasan berikutnya saya akan menulis lebih banyak tentang proses MealPrep, bagaimana memulainya, serta tips dan tricknya juga. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa!

No comments:

Post a Comment